Desember 07, 2016

Wisata di Pulau Sumbawa ini, boleh juga


Keterangan singkat tentang Pulau Sumbawa



Pesisir pantai di bukit Kenawa

Gazebo di pantai Kenawa, anginnya semilir dan sejuk


🍸Hai, teman semua berjumpa lagi, saya akan menambahkan keterangan lain, tentang Pulau Sumbawa, secara ringkas, artikel ini, sebenarnya adalah tambahan keterangan tentang Pulau Sumbawa sebelumnya, yang sudah pernah saya kirim, artikel mirip itu, judulnya ➤ 3. Keterangan singkat tentang letak Pulau Sumbawa, silahkan dapat di lihat di. letak Pulau Sumbawa .  
  • πŸ“· Dan di sini saya membuat lagi dengan versi yang lebih lengkap, dan " sebelum saya memberikan informasi tambahan ", ada beberapa foto-foto cantik koleksi saya di beberapa tempat di Pulau Sumbawa, di gambar bawah, silahkan..O iya, sekedar laporan, koleksi foto saya ini, memiliki warna yang tidak jauh berbeda dengan aslinya, ini untuk penambah data saja, oke ...teman semuanya silahkan enjoy !

bukit savana Kenawa Sumbawa


  • Gambar (atas), di pulau kecil Kenawa, pulau ini, stunning ( menakjubkan) ! bagus maksudku, di sekitar pulau ini, ada Dermaga, dan pada saat itu, ada beberapa laki-laki memancing ikan dari " dermaga kecil " yang tampak cukup kokoh, keren banget pemandangannya, karena di sini,  letaknya, jauh ! euh ! dan mereka dengan sabar menanti ikan, entah dapat entah tidak deh (haha...), tapi jika siang, memang sangat terik di sini...tahu begini, aku membawa payung, πŸŒ…☂ lol....., sedangkan teman-teman yang lain, sedang asik enjoy mendaki bukit, aku tidak,.. karena tidak tahan udara teriknya, jadi aku berteduh, di salah satu tempat di pinggir pesisir pantai untuk berteduh dan duduk-duduk, ditemani angin semilir yang enak sekali, angin pantai, anginnya agak sejuk, walaupun udaranya terik, tapi cukup kencang, sambil ku lihat, bapak Dahar, sang nelayan yang mengantar perahu kita, sepertinya dia sedang merapikan kapalnya, sementara kita menikmati alam di sini .
  • Gambar (bawah), tempat untuk  aku berteduh di gazebo di tepian pantai pulau Kenawa yang imuth, sambil ditemani angin sejuk sepoi-sepoi, menyentuh jiwaku yang berkelana, di lautan biru yang membentang.

pantai Kenawa dari bukit savana

Tempat berteduh di kenawa

savana rumpun dan gazebo di Kenawa


  • Gambar (di atas), gazebo-gazebo untuk santai di pesisir pantai Kenawa ditemani sinar mentari, tapi di gazebo ini udaranya sejuk sepoi-sepoi angin semilir, dan kadang berjumpa juga dengan angin yang agak strong, membuat rambutku menjadi berantakan dan juga selendangku melambai-lambai di udara bagaikan layar kapal ! (hahaa..), jika di sana, aslinya lebih tampak terik, so aku setting sedikit menjadi bernuansa redup, supaya tidak membuat silau mata, aslinya terik sekali !
    • Gambar (bawah), dua orang laki-laki, tampak sedang enjoy memancing ikan, di dermaga kecil di pulau kecil kenawa, padahal sinar terik sang matahari sedang memberikan kekuatannya, tapi mereka tetap tidak perduli, karena memang "seru" kelihatannya, di tambah angin yang cukup kencang.

    pantai-pesisir-di-pulau-Kenawa.jpg

    • Gambar (bawah) tampak di kejauhan, kapal-kapal besar sedang asik berlayar di dekat pelabuhan Poto tano,

    Kapal-kapal besar di Kenawa


    • Gambar (bawah, di dalam perjalanan ke Pantai Maluk, di bulan Juni akhir, pemandangan bukit-bukit telanjang dan  tandus !, kering, hanya, ada sedikit tanaman, ke mana perginya, si rumput hijau, enggan menemani sang bukit,... tapi, sesungguhnyajusteru menambah eksotis sang bukit, karena tetap menjulang, meskipun  ditinggalkan  sang rumput hijau, tampak hanya batu bebatuan, yang setia menemani .

    bukit tandus namun eksotis di Sumbawa

    • Gambar (bawah), Pantai Maluk yang memiliki warna istimewa, air lautnya yang berwarna biru kehijauan, dan pasir putihnya yang berkilauan, memamerkan keindahannya, bagaikan melihat kolam renang berukuran raksasa, bagus !

     Pantai Maluk di Pulau Sumbawa
    • Gambar (bawah), ⚓⚓,  Ketika aku sedang bersantai di "Pulau Paserang", duduk di pasir yang bersih, menikmati pemandangan yang amazing dan indah, dan seolah-olah merasakan sensasi yang luar biasa ! mengapa ? karena aku merasakan, hanya aku yang mempunyai pulau ini !, karena super sepinya, haha..., dan di saat aku sedang enjoy sendiri,... tiba-tiba ada yang berjalan di samping jemariku,.......ow ternyata, seekor kepiting kecil ! sedang berjalan, menuju persembunyiannya di antara butiran pasir cream, yang berkerlip ☆☆✨✨🌿 dan bersinar, dikarenakan cahaya mentari, πŸŒ…, maka seperti biasa, aku ambil  foto si kepiting yang imut ini, maka jadilah " foto cantik" ini, kepiting kecil yang imut ini, matanya seakan-akan penasaran ingin mengetahui aku lebih dekat, dan seakan bergumam, siapakah perempuan cantik di depanku ini? biasanya tidak ada di pantai ini.., hahaa. lol...



          • Gambar ( bawah),  di pantai " Rantung",  ada banyak jenis keong laut 🐚 🐚, bahkan keong racun juga ada, jadi ingat lagu dangdut, yang berjudul "keong racun", (🎬 🎢 πŸ’ƒ πŸ’ƒ πŸ˜‹ 😏 πŸ˜‰ πŸ’ƒπŸŽ΅πŸŽΆ , sory sory jack...dst,...hahaaa...lol), lalu, ada juga, kerang, batu-batu karang yang berwarna warni, menghiasi laut ketika air laut sedang surut, di siang hari yang terik, maka inilah hasil, dari hobiku, menjadi fotografer otoddidak, Semua ada di pantai Rantung, Sumbawa. Dan inilah dia hasil dari hunting" hewan laut yang imut", ..



          • Gambar (atas), berbagai jenis ikan, sometimes, bermunculan dari balik batu, dan ada mahluk-mahluk hewan laut yang bentuknya sungguh aneh, coba di lihat di balik batu ada seekor hewan seperti bunga laut, berwarna cokelat tua, berukuran kecil imut, dan di sini juga terdapat banyak rupa-rupa keong purba (kuno), berukuran kecil, sedang, besar, dan batu karangnya juga masih bagus, di saat surut, sudah kelihatan ? apalagi untuk diving di tengah lautan, wow.. pasti indah sekali ! bagaikan penemuan yang tidak pernah berakhir..



          • Gambar (bawah), Inilah yang bernama keong racun, sesungguhnya, keong ini, sangat beracun, hati-hati jika bertemu dengan keong, yang bagus ini. motif keong racun ini, jika diperhatikan, mirip sekali dengan motif kain batik dari Jawa, amazing,..dan hewan kecil lainnya yang menakjubkan..




            Wisata di Sumbawa


            • Gambar (bawah), karena aku melihat, air laut ini, bening sekali, jika aku foto, pasti akan  menjadi bagus, karena mempunyai cerita yang fantastis, dan itu adalah suatu nilai tersendiri. jernih sekali ya ?! trasnparan bagaikan berlian ! dan penemuan hewan lain yang aneh-aneh yang seolah-olah   tak akan pernah berakhir.



            • Gambar (bawah), pemandangan di daerah pulau Moyo, ketika aku melewati daerah di pulau Moyo dengan menggunakan speed boat, tak akan di duga, ada ikan yang berterbangan muncul ke permukaan dari kedalaman lautan, terbang di udara beramai-ramai, berloncatan, di antara gelombang lautan yang berwarna biru tua, nama ikan tersebut adalah ikan terbang , bagus ! 

            birunya laut sekitar pulau Moyo


            • Nah, demikian.., teman semuanya, itulah, sebagian foto-foto yang ada, masih kurang? tenang, sabar okey ? masih ada, silahkan ke sini ya, di Paserang dan Kenawamembuat artikel yang penuh dengan foto, itu agak ribet, tapi tidak apa-apa (no problem) demi mendapatkan nilai foto yang berseni dan demi untuk penguatan makna
            • Ok, dilanjutkan, seperti janji saya, di atas, bahwa saya akan menambahkan sedikit informasi  tentang Pulau Sumbawa ini, 
            •  Well, langsung ke artikel di bawah ya ? ..silahkan....  πŸŒ ..🐌
            • 1. Keterangan tentang pulau Sumbawa,
            • - Pulau Sumbawa adalah sebuah Kabupaten,"Kabupaten" ini, sebagian besar terletak di bagian barat dari Pulau Sumbawa, dan ibukotanya adalah Sumbawa Besar, yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
            • - Batas-batas wilayahnya adalah  Laut Flores, dan Teluk Saleh, di bagian utara, lalu, kabupaten Dompu di bagian Timur, lalu Samudera Hindia di bagian Selatan, dan Kabupaten Sumbawa Barat di bagian sebelah Barat.
            • - Kabupaten Sumbawa, memliki luas wilayah, 8.493 km persegi, dan dengan jumlah penduduknya sekitar 415.000 jiwa.  .
            • - Sebagian pulau yang berada di sebelah Utara Pulau Sumbawa, diantaranya adalah Pulau Moyo,( pulau terbesar ), Pulau Medang, Pulau Panjang, Pulau Liang, Pulau ngali, dan Pulau Rakit.
            • - Pada tanggal 18 Desember 2003, bagian barat dari wilayah Kabupaten Sumbawa dimekarkan menjadi kabupaten baru, yaitu kabupaten Sumbawa Barat. (sumber: wikipedia)
            • - πŸ”  O ya, Pulau Sumbawa ini, mempunyai nama yang  mirip dengan nama Pulau Sumba, tapi sebenarnya adalah berbeda, jangan sampai lupa, hanya mirip nama, kalau Pulau Sumba, adalah Pulau yang letak nya di Propinsi Nusa Tenggara juga, tapi Propinsi Nusa Tenggara "Timur", sedangkan Pulau Sumbawa letaknya, adalah di Propinsi Nusa Tenggara "Barat". Walaupun sama-sama terletak di daerah Nusa Tenggara, tapi letaknya sangat berbeda dan  jauh ! letaknya, yaitu di antar pulau (inter-island).
            • 2. Transportasi
            • - Di Sumbawa ini ada beberapa Bandara, yaitu, Bandara Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III (Bandara Brangbiji), di Kabupaten Sumbawa, dan Bandara Lunyuk, di kecamatan Lunyuk, di sisi selatan kabupaten Sumbawa, 3 km dari Samudera Indonesia.
            • - Pelabuhan di Sumbawa ada Pelabuhan Laut Badas, Pelabuhan labuhan Lalar, Labuhan Alas, dan Pelabuhan Labuhan Benete .
            • - Di dalam kota, Di terminal antar kota di Sumbawa besar, dapat menggunakan bis  ke Bima, 7 jam, ke Poto Tano di Sumbawa Barat, 2 jam, ke Mataram 7 jam, dan ke Denpasar 12 jam
            • - Jika mau ke Sumbawa, bisa dengan beberapa cara, yaitu, jika dari Bandara, yaitu, Bandara dari Denpasar ke Sumbawa, dari Mataram (Lombok) ke Sumbawa, dari Mataram (Lombok) ke Sumbawa juga dapat dilakukan dengan menggunakan kapal feri dari pelabuhan Kayangan, Lombok  ke pelabuhan Pototano di Sumbawa, Sedangkan kalau saya, berangkat dari Jakarta, ✈ pesawat dari Jakarta ke Pulau Lombok, hanya transit, beberapa jam, lalu dilanjutkan lagi, langsung ke Pulau Sumbawa, menggunakan ✈ pesawat baling-baling, Garuda, bertuliskan "explore", nice!
            • 3. Info daerah,
            • Pulau ini, ukurannya sekitar 280 km dari timur ke barat, dan lebarnya bervariasi dari 15 sampai 90 km. Dibandingkan dengan pulau tetangganya, yaitu Pulau Bali dan Pulau Lombok, Pulau Sumbawa relatif tidak ramai, agak sepi, ukurannya kira-kira tiga kali ukuran Pulau Bali !! wow, cukup besar !
            • 4. Pekerjaan, penduduk,
            • Orang-orang dari Sumbawa di daerah pedesaan (di kampung mereka), sebagian besar, adalah nelayan, petani, dan peternak. Pada zaman mereka makmur, pada jaman dahulu, mereka melakukan perdagangan melalui penjualan kuda dan kayu harum (sapan dan cendana).
            • 5. Info iklim
            • Iklimnya panas terik di siang hari, kering, dan jika malam tiba, udaranya sejuk dan cukup dingin. Banyak macam-macam flora dan fauna .
            • 6.  πŸ¬ 🌊 ♒ 🐳 πŸ„ ♒  
            • Menurut para peselancar Indonesia dan mancanegara, daerah ini merupakan " daerah emas ( istimewa) ", bagi para maniak peselancar, memang bagus gelombang ombaknya, ombaknya "memamerkan" ukuran besar gelombangnya ! dan angin yang besar, dan di tambah tempatnya yang masih agak sepi, kelihatan megah, anggun, grandly, magnificiently deh pokoknya !, ya ya, karena aku melihat sendiri, jadi aku berani untuk mengucapkan ini, memang mempesona! dan aku paling suka mendengar ombak yang besar, suaranya menggelegar membahana, hahaa... 🌊🌊 ♒ 🐬 🐬 πŸ¬  πŸŒ…
            Ada banyak pantai yang tak tersentuh dan "ALAMI SPEKTAKULER".


            • ✨  O ya, ingin melihat beberapa foto di Paserang dan Kenawa, silahkan berkunjung  di artikel posting yang berjudul Paserang dan Kenawa



            🐎 Well, oke teman, sekian dulu..

            Terima kasih telah berkunjung di blog ,
            https://wisataindonesiayea.blogspot.com.

            πŸ’‹ Have a great day all !


            🌾🌾 πŸ™ πŸ™ 🐜🐝🐝 πŸ  Jangan lupa ! bersambung,..



            Tidak ada komentar: