Desember 26, 2016

Tips sangat penting untuk holiday

Tips penting untuk liburan (holiday)


Liburan telah tiba, tak terasa  tahun 2017, sudah ada di depan mata, menunggu untuk kita sambut kedatangannya, dan biasanya  banyak orang-orang yang akan berencana liburan untuk berwisata ke tempat-tempat wisata yang menawan, wow..

Ada beberapa tips penting untuk liburan, yang akan saya berikan, berdasarkan pengalaman saya sendiri, khususnya pada "liburan wisata alam". 
Gunanya tips ini, supaya segalanya menjadi lebih efisien dan tidak merusak suasana liburan, ketika berlibur, baik itu berliburan sendiri, bersama teman, saudara ataupun keluarga, karena apa ? tujuan liburan pada dasarnya, adalah untuk refreshing, beristirahat pada dunia yang mungkin selama ini membuat pusing tujuh keliling, kejenuhan rutinitas. Dengan berlibur, usually akan banyak mendapat sesuatu yang berarti, berharga, berguna, dan bisa menambah wawasan.


misalnya, bagi yang hobi liburan sendiri, akan menjadi semakin percaya diri, dapat menjadikan seseorang yang semakin luas wawasannya, kaya akan pengalaman mengarungi dunia, mampu membuka matanya, lebih lebar, tanpa di paksa, untuk melihat kenyataan yang kadang menyakitkan, dan kadang juga menyenangkan.

(Contoh yang sometimes menyakitkan hati, ketika di saat merenung, mengapa kadang sampah-sampah menjadikan hiasan laut-laut yang indah, dan kadang juga di pulau-pulau yang mempesona, mengapa hal itu sampai terjadi, jawabannya hanya kata-kata yang tak dapat berkata-kata lagi, di tambah pikiran bercampur aduk tak karuan yang dipenuhi rasa dongkol, sebal, etc Dan juga, ketika melihat beberapa tempat para nelayan dan tempat tinggal mereka, mengapa tampaknya mereka "tak kelihatan" menjadikan tempat tinggal mereka lebih dari layak (setimpal), seolah-olah lautan yang begitu kaya dan luas, yang menjadi tempat penghasilannya tak mampu (tak cukup) membuat itu semua, kenapa bisa sampai terjadi ?. Sedangkan di melihat kenyataan yang kadang "menyenangkan" misalnya, ternyata di negara ini (misalnya Indonesia), saat ini, sudah banyak sekali kemudahan untuk berwisata ke tempat-tempat yang bagus-bagus dengan biaya tak terlalu mahal). Begitulah, kadang, ada kenyataan yang menyakitkan hati dan, juga yang menyenangkan hati

🍸 Oke, dilanjutkan,

Selain itu, liburan itu juga dapat membuat seseorang  semakin pandai, untuk mengenal tempat-tempat wisata, begitu pula, yang liburan bersama teman, akan dapat mengenal lebih dekat teman kita dan juga liburan bersama saudara, ataupun juga keluarga. Yang selama ini, mungkin sangat sedikit waktu, bahkan mungkin tidak ada waktu untuk 
bersama-sama, bergaul, bercengkrama, untuk lebih mengenal satu sama lain.

Jadi liburan itu bisa menjadi jalan yang bagus untuk membawa suatu nilai kehidupan yang lebih bermakna, selain untuk menghindari kebisingan dunia dan kesibukan rutinitas yang tiada henti,.. Jika suatu liburan itu sungguh bernilai, maka tentunya, kita juga harus sungguh-sungguh dalam merencanakannya, bukankah demikian ? supaya asik.

Oke, tips ini, adalah tercipta tanpa berpikir panjang, karena memang berdasarkan pengalaman saya sendiri dan amat sangat penting.

Pokoknya yang paling penting ini : Usahakan segalanya terorganisir dengan rapih, sehingga nantinya tidak memusingkan diri kita sendiri dan kita bisa enjoy, tanpa menguras tenaga dan energi, ketika sesuatu hal membuat liburan tidak berjalan lancar, sehingga tidak ada lagi  menjadikan wajah kita "be-cemberut ria" yang tentunya  tidak enak dipandang mata, apalagi, jika "berlama-lama" oleh waktu, hanya, disebabkan tidak enjoy, karena ketidaksiapan akan segala hal yang penting.

Oke, ini dia tipsnya, yaitu  semuanya adalah :  Sangat penting 
  • Mempersiapkan segala hal yang perlu di bawa, hendaknya dipersiapkan satu bulan sebelumnya. Gunanya, agar tidak terburu-buru, ketika waktu liburan yang telah ditentukan telah tiba, karena bisa banyak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti, kemungkinan ada barang-barang penting yang tertinggal, yang dapat mempengaruhi kesehatan emosi, akibatnya, dalam  meletakan barang, menjadi tidak efisien, berantakan bagaikan kapal pecah ! ( haha..) karena terburu-buru, apalagi kalau banyak ! kacau deh bisa-bisa, please deh..
  • Kesehatan tubuh, harus fit dan kuat, tubuh harus fit baik dari awal perjalanan hingga perjalanan liburan selesai.
  • Mencatat barang-barang yang akan di bawa, terlebih dahulu. apa saja yang perlu di bawa, sehingga mudah.
  • Lupakan sejenak urusan pekerjaan di kantor, jika tidak terlalu penting. Di saat liburan, adalah saat menemukan "kualitas hidup", lupakan semua hal yang membuat otak kelelahan, kram (jadi mengingatkan lagu kram otak dan bebas, oleh sang maestro rap Indonesia, Iwa K, Bebas ), dan tinggalkan dulu, alat-alat teknologi untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, bawalah diri bersama dengan suasana liburan, alam, dan semua yang berkaitan, bercengkerama (mengobrol) yang alami, bukan bercengkerama dengan alat teknologi ! forget that ! simpan saja dahulu, jika tidak terlalu penting, karena akan sungguh-sungguh tampak membosankan, jika mata hanya tertuju terus tanpa henti, di alat-alat teknologi canggih itu, tidakkah menyadari bahwa  itu sungguh membosankan untuk di lihat ? sekali-sekali, tahan dahulu, untuk tidak selalu memandangi alat-alat "era kini" itu, handphone, etc. please deh..
  • Mencari data informasi tentang tempat-tempat yang ingin dikunjungi, dapat berguna, mengira-ngira, barang apa saja yang perlu di bawa.
  • Sesuaikan barang-barang yang di bawa dengan jenis tempat wisata yang dituju
  • Membawa barang-barang obat-obatan yang umum, seperti : plester (seperti band-aid), minyak kayu putih, obat pusing yang ringan, etc, don't forget, cream anti nyamuk.
  • Siapkan barang-barang tambahan yang sangat penting, yaitu : untuk kamera, belilah terlebih dahulu, beberapa Kartu Memory Kamera, yang dapat menampung banyak memory, jangan hanya satu, gunanya sebagai cadangan, pokoknya sesuai yang diperlukan.
  • Cream sunblock (untuk di pantai atau tempat-tempat kering dan hot lainnya)
  • Bawa ransel tipis yang dapat di lipat, sebagai cadangan untuk membawa barang oleh-oleh, misalnya, jika anak-anak, senang membawa oleh-oleh seperti kerang-kerang dari pantai, baju dapat diletakan di ransel tipis, dan kerang-kerang yang mungkin berat, dapat di taruh di koper.
  • Selalu menyiapkan sebuah buku kecil dan alat tulis seperti pulpen, untuk hal-hal penting yang tak terduga, seperti untuk kepentingan memberi no telepon kepada seseorang yang memerlukan, karena orang tersebut sedang tidak membawa handphone atau tidak punya, juga berguna untuk mencatat data penting untuk bahan blog wisata teman, mungkin, supaya tidak lupa, dan lain sebagainya.
    • Tas kecil selempang, untuk kartu K.T.P. dan kartu-kartu kecil yang penting-penting, ini sangat praktis, memudahkan, menghemat waktu, praktis sekali !, banyak di jual di A.C.E. Hardware, di Jakarta, di Pasar Raya Blok M., di lantai bawah atau di A.C.E. yang ada di Grand Indonesia.
    • Tissue kecil
    • Topi, penting sekali
    • Selendang pantai, jika ingin ke pantai, gunanya macam-macam bisa untuk duduk di pasir, untuk menutupi terik matahari yang dahsyat, dan of course untuk bergaya.
    • Kacamata sunglass, penting, untuk kesehatan mata, agar tidak silau oleh cahaya matahari sebagai kekuatan alam yang luar biasa.
    • Sandal jepit, "sandal gunung" ( dapat dipakai untuk ke pantai juga ), sepatu anti ular, jika ingin wisata  ke gunung, hutan, don't forget ! harus tertutup, seperti sepatu boot plastik atau jenis boot lain.
    • Sikat gigi
    • Odol kecil, lebih baik bawa, lebih mantap.
    • Plastik-plastik yang ringan, untuk persiapan tak terduga, seperti menyimpan sandal ketika pulang, atau baju kotor yang belum  di cuci, karena tak sempat.
    • Kalau ingin aman, dompet harus terus di bawa dengan tas kecil yang selalu menempel di badan untuk menghindari kelupaan sebagai salah satu sifat manusia
    • Membawa uang cash yang cukup !, sekian juta, untuk  "pegangan", ini penting sekali ! untuk hal-hal tak terduga, apalagi jika berada di kota yang tidak ada A.T.M. ataupun pelayanan A.T.M. yang terbatas, terkadang tidak semua Bank mudah di akses berkaitan dengan A.T.M., dan ini sangat penting, jangan sampai tidak dapat mengambil uang di A.T..M. untuk keperluan penting, hanya dikarenakan keterbatasan service yang dimiliki di kota tersebut.
    • Stop kontak (power outlet), yang bernama universal adaptor, stop kontak ini berfungsi secara multifungsi, dia bisa menyesuaikan dengan berbagai jenis tempat "stop kontak" yang berbeda, karena tidak semua tempat hotel memiliki stop kontak yang lubangnya sama bentuk yang umum, berbentuk bulat, tidak semua, ada yang lubangnya berbentuk persegi panjang, berkaki tiga, etc. Apalagi di hotel kecil, terkadang daya listriknya tidak tinggi, sehingga mudah membuat masalah korsleting pada alat eletronik kita, hati-hati !
    • ➤ Banyak di jual di toko elektronik, stop kotak ini, khusus untuk traveling, sebaiknya membeli yang bermutu bagus, yang penting terjamin untuk keamanan dan kenyamanannya. Di tulisan terakhir, ada informasi dengan video youtube dari luar negeri, silahkan jika ingin melihat.
    • Cream anti nyamuk, yang banyak ! This is so important ! terutama jika berlibur di Asia, dan daerah tropical. apalagi biasanya liburan, kadang tak disadari, daya tahan tubuh menurun, karena kesibukan kegiatan liburan, sehingga mudah terkena sakit.

    PENTING !

    Nyamuk adalah binatang yang kecil, tapi bisa mematikan !, 
    dengan penyakit-penyakitnya yang terkenal, yaitu :
    • DBD ( penyakit yang tak kentara, tapi setelah beberapa hari akan ada gejala pusing yang sungguh aneh berputar-putar, dan kehilangan tenaga bagaikan tak makan satu minggu, penyakit ini sungguh berbahaya, jika terlambat mengobatinya), 
    • dan Malaria , penyakit di daerah  tropis yang sangat berbahaya.

    Penyakit DBD (dengue fever), aku sengaja membagikan info ini, karena berdasarkan pengalamanku, ketika badan kurang fit, mudah terkena, penyakit  ini, penyakit yang sangat berbahaya ini, pernah datang menghampiriku tanpa permisi, kalau tidak salah, mungkin setelah pulang dari memperbaiki salah satu komputerku, di Mall, aku ingat, memang saat itu menunggu service komputer agak lama, dan ada beberapa nyamuk menempel di tanganku, di lengan, dan memang saat itu, aku "belum" lunch hingga jam setengah 5, hampir puasa (lol), hanya sarapan pagi sedikit. Tapi dari itu semua, selalu memberi hikmah ! untuk menjadi lebih hati-hati.

    Nah itu dia, tips-tips liburan yang sangat penting, jika ingin liburan wisata.
    Tidak ada yang tampak remeh, semuanya sangat penting.

    Baiklah, sekian dahulu, "Selamat berlibur dan semoga liburannya dapat memberikan makna yang berarti dan menemukan keindahan yang sesungguhnya, baik liburan sendiri, bersama teman, saudara, ataupun  keluarga.


    - Thank you very much for visit and reading -


    🌷🌹🌿  Have a great day all and  Happy holiday all !


    Gambar ini,
    adalah tempat wisata indah sekali, Paserang Island.






    🌷🌷 Bersambung, don't forget.. 


    Tips lain yang juga sangat penting,
    dapat mengunjungi ke 19 tips liburan yang penting

    🎇🎇🎇

    Keterangan Penting,  🔌

    • Di bawah adalah, Informasi tentang "stop kontak" Jenis-jenis tentang Universal Adaptor,
    • Judul video youtube : Foreign Electrical Adaptors/Converters for Travel 
    • by : PackingLightDotCom  (https://youtu.be/IeAWQS9wbfM)





    Thank you for visiting and reading, 

    🎇Have a wonderful holiday for all..


    Tidak ada komentar: